Merubah Product / Firmware CUCC Ke WW Pada Asus Zenfone 5

8:38 PM 0
Kemarin ane waktu maen ke malang (ngapel), terpukau melihat kecantikan pacarku (smartphone nya), cakep nih hape kayak yang punya (G)..
tapi si doi berkeluh kesah karena tidak bisa upgrade Zeni5 nya ke versi 4.4.2 dikarenakan itu Zenfone5 "OPLOSAN" (Asli tapi Replika), mudheng gak??, hehehe,.,.
Ane katakan asli karena itu benar merk ASUS Zenfone 5, tapi firmware nya oplosan, Lhoh??? (yang harusnya versi WW kok malah ini versi CUCC).
Akhirnya ane bergoogling ria, dan nemu blognya mas Strez, hehehe pis brooo,.,.
Ane ikutin tulisan dari beliau, dan akhirnya berhasil!!!
kurang lebih tulisannya kayak gini nih (ane ubah zenfone 5) :

PERALATAN :
  • Intel Driver buat PC (donlot disini)
  • ADB Fastboot (donlot disini)
  • Firmware Asus Zenfone 5 V1.14.40.50 (donlot disini)
  • Notepad++ bukan pijat++ yaa :)) (donlot disini)
  • Root Explorer.apk (donlot disini)
  • Rootzenfone.apk jika belum di root (donlot disini)
  • WinRAR

Handphone harus sudah dalam keadaan root, jika ternyata tuh hape belom di root yaa berarti masbroo harus root dulu Zenfone 5 dengan cara :
  1. Install Rootzenfone.apk di hape masbroo dan mbakbroo
  2. Matikan koneksi internet (Mobile Data) dan Wifi
  3. Buka Rootzenfone dan klik “OK I know, please root !” pada tombol paling bawah
  4. Tunggu 10 detik lalu matikan neng zeny dan nyalakan kembali
  5. Jika setelah dinyalakan ada aplikasi Super SU berarti root berhasil
Lalu Install Intel Driver Zenfone di Laptop/PC masbroo dan mbakbroo
Ngasoo dulu broo…. B-)

Okee lanjut.. Disini bagian penting nya jadi diusahakan teliti dan hati – hati yaa masbroo dan mbakbroo..

1. Setelah masbroo dan mbakbroo berhasil root Asus Zenfone 5, setelah itu install Root Explorer.apk di handphone masbroo dan mbakbroo lalu aktifkan “USB Debugging” dengan cara :
Setting » Developer Options » Centang USB debugging jika Developer Options di Zenfone 5 masbroo dan mbakbroo belum ada, bisa di aktifkan dengan cara masuk ke Setting » About » Software Information » dan tap/klik berkali – kali pada Build Number .

2. Extract terlebih dahulu ADB Fastboot.

3. Lalu extract Firmware Zenfone 5, dan hasil extract di copy paste atau ditaro di folder ADB Fastboot yang telah di extract sebelumnya. Nama file firmware hasil extract adalah UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.10-user.zip (menggunakan titik di 1.18.40.10 bukan garis bawah).

4. Biar gampang, kita rename UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.10-user.zip yang berada di folder ADB Fastboot menjadi asuszf6.zip.

5. Buka asuszf6.zip dengan winrar, pilih file “boot.img” dan “fasboot.img” lalu klik kanan dan pilih “Extract without confirmation”. Lakukan hal yang sama pada file “recovery-from-boot.p” didalam folder recovery dan file “install-recovery.sh” didalam folder recovery lalu folder etc.


Jika langkah nya benar maka seharusnya di folder ADB Fastboot masbroo dan mbakbroo udah nambah 4 file baru yaitu “boot.img“, “fasboot.img“, “recovery-from-boot.p” dan “install-recovery.sh”.


6. Masih di dalam folder ADB Fastboot, masbroo dan mbakbroo klik kanan pada file “install-recovery.sh” lalu pilih Edit with Notepad++, lalu ganti tulisan /system/recovery-from-boot.p pada bagian paling bawah menjadi /data/local/tmp/recovery-from-boot.p lalu Save.


7. Sekarang waktunya neng zeny dicolokin ke Laptop/PC via kabel USB, copy file “recovery-from-boot.p” dan “install-recovery.sh” yang ada di folder ADB Fastboot masbroo dan mbakbro ke Zenfone 5 sampeyan, bebas mau ditaro dimana aja yang penting inget naronya.
Lalu di Zenfone 5 masbroo dan mbakbroo buka Root Explorer dan cari 2 file “recovery-from-boot.p” dan “install-recovery.sh” yang tadi udah di copy dari Laptop/PC. Pindahkan (cut) 2 file tersebut ke /data/local/tmp. Jika masbroo dan mbakbroo bingung menggunakan Root Explorer bisa menggunakan ES file explorer.

8. Matikan neng zeny, lalu masuk kedalam mode Fastboot/Droidboot dengan cara tekan kombinasi tombol Volume Up + Power secara bersamaan, setelah berhasil masuk Droidboot/Fastboot, sambungin lagi Zenfone 6 ke Laptop/PC, lalu di folder ADB Fastboot tekan Shift + klik kanan secara bersamaan dan pilih “Open command window here”. Setelah CMD terbuka ketik fastboot devices untuk memastikan apakah neng zeny masbroo dan mbakbroo udah kebaca di Laptop/PC apa belom. Begini tampilannya kalau Zenfone 5 masbroo dan mbakbroo udah kebaca.


9. Setelah HH kebaca di Laptop/PC, sekarang lanjut dengan mengetikkan fastboot flash fastboot fastboot.img dan tekan enter lalu tunggu hingga proses selesai. Setelah proses selesai lanjut ketik fastboot flash boot boot.img dan tekan enter.


intip layar hapenya



Setelah selesai flash 2 file diatas, lalu restart/reboot zenfone 5 masbroo dan mbakbroo (jangan cabut kabel USB nya). Setelah neng zeny hidup kembali ketikkan adb shell lalu tekan enter kemudian ketikkan su tekan enter di CMD dan lihat di Zenfone 5 masbroo dan mbakbroo akan muncul pemberitahuan SuperSU, dan pilih Grant/ijinkan. Setelah itu ketikkan sh data/local/tmp/install-recovery.sh lalu tekan enter.


Setelah selesai, matikan Zenfone 5 masbroo dan mbakbroo, dan CMD jangan ditutup

10. Cabut kabel data yang menghubungkan antara Zenfone 5 dengan Laptop/PC, lalu masuk kedalam mode Fastboot/Droidboot dan pilih “Recovery“, neng zeny akan restart dan setelah itu keluar gambar robot android lagi rebahan :D lalu tahan tombol Volume Down lalu tekan tombol Volume Up 1x dan lepaskan tombol Volume down maka akan muncul menu pada bagian atas Zenfone 5.

Sambungin Zenfone 5 masbroo dan mbakbroo ke Laptop/PC dengan kabel data, dan di Recovery pilih “apply update from ADB” dengan cara menekan tombol Volume untuk menggerakan ke atas dan bawah lalu tombol power unutk memilih.


11. Balik lagi ke Laaptop CMD dan ketik adb sideload asuszf6.zip dan akan tampil proses sending di CMD, tunggu hingga prosesnya selesai dan JANGAN TUTUP TUH CMD.


 12. Setelah proses sending udah 100%, sekarang waktunya masbroo dan mbakbroo intip layar neng zeny nya, jika sukses maka akan ada tulisan “Install from ADB complete” atau liat gambar dibawah biar jelas (mudah-mudahan sih tulisan di gambarnya keliatan :)) )


13. Step terakhir masbroo dan mbakbroo tinggal “wipe data/factory reset” dan “wipe cache“. setelah wipe2an nya selesai pilih “reboot system now

14. Bila semua langkah benar dan berhasil maka neng zeny akan hidup normal seperti saat baru keluar dari box nya :D dan antara versi Firmware dan Product/SKU nya sudah bukan OPLOSAN lagi alias sama yaitu WW.

Setelah versi Firmware dan Product/SKU nya sudah sama, nih hape udah gak pernah restart sendiri lagi, namun buat update via Handphone (OTA) emang tetep gk bisa tapi kalau untuk update manual Lancaar Jayaa.
Sekarang masbroo dan mbakbroo bisa update Firmware terbaru (saat postingan ini ditulis sudah sampai KitKat) versi WW dengan cara manual dengan mendownload terlebih dahulu Firmware nya di web resmi ASUS.

Buat Asus Zenfone 6 caranya sama cuma beda firmware nya aja, Firmware Asus Zenfone 6 V1.14.40.50 (donlot disini)
Kunjungi blog nya mas Strez untuk infonya, karena tulisan ini bersumber dari sana, terimakasih masbroohh :D.

0 Comments for "Merubah Product / Firmware CUCC Ke WW Pada Asus Zenfone 5"